BundaAnak.com

Informasi Bunda dan Anak

Tips Mencegah Stretch Mark Untuk Ibu Yang Sedang Hamil

Posted at November 11, 2017 6:24 by Bunda Emma in Kehamilan

Tips Mencegah Stretch Mark Untuk Ibu Yang Sedang Hamil

Tips Mencegah Stretch Mark

Tips Mencegah Stretch Mark

Tips mencegah stretch mark untuk ibu hamil

Stretch marks adalah guratan-guratan putih kemerahan di tubuh terbentuk karena adanya peregangan pada kulit, akibat adanya pembesaran kehamilan dari bulan ke bulan. Biasanya, tanda tersebut muncul di area perut, paha, lengan, dada dan bokong. Meski hampir 70% ibu hamil mengalaminya, stretch marks tetap saja bisa menjadi salah satu mimpi buruk para ibu hamil. Ada beberapa tips mencegah stretch mark yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya, seperti menggunakan cream yang mengandung Retin-A. Tapi, cara ini sangat berbahaya bagi ibu hamil, karena bisa mengakibatkan gangguan pada janin. Oleh sebab itu, cara terbaik yang bisa ibu hamil lakukan untuk mengurangi atau mencegah stretch marks adalah sebagai berikut ini,

Cukupi kebutuhan air putih. Ibu hamil harus membiasakan diri mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Hal ini dapat membantu kulit terjaga elastisitasnya, sehingga bisa membantu meminimalisir terjadinya stretch marks.
Manfaatkan pelembap dan pijatan. Untuk menambah elastisitas kulit, ibu hamil bisa menggunakan pelembap yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti cocoa butter atau shea butter, tepat di area yang rawan terkena stretch marks. Atau, pijat seluruh tubuh dengan minyak yang kaya akan vitamin E, sebelum mandi.

Perhatikan berat badan. Ibu hamil sebaiknya menghindari kenaikan berat badan yang terlalu drastis. Selama kehamilan, kenaikan normal berat badan ibu hamil antara 12-15 kg. Jika kenaikan terlalu drastis, selain kurang baik bagi kehamilan, kulit juga akan terlalu banyak mengalami peregangan sehingga rentan terkena stretch marks.
Lakukan olahraga yang aman Lancarnya sirkulasi darah dan oksigen juga dapat membantu mengurangi terjadinya stretch marks. Jadi, lakukanlah olahraga yang aman sesuai petunjuk dokter.

Perhatikan asupan makanan. Asupan makanan yang sehat dan berserat seperti sayuran dan buah-buahan dapat membantu mencegah stretch mark. Selain itu, konsumsi juga makanan yang banyak mengandung vitamin A, E dan C seperti wortel, susu, telur, kacang kedelai, paprika merah atau kuning, tomat, dan oatmeal.

Agar hasilnya lebih optimal, lakukan cara-cara di atas secara disiplin dan sejak masa awal kehamilan.  Itulah beberapa tips mencegah stretch mark pada masa kehamilan. BundaAnak,com

Gallery of Tips Mencegah Stretch Mark Untuk Ibu Yang Sedang Hamil

Related to Tips Mencegah Stretch Mark Untuk Ibu Yang Sedang Hamil

Copyright © 2017 by BundaAnak.com. Proudly powered by Wordpress.